Olimpiade: Meksiko Buyarkan Ambisi Brasil Raih Medali Emas

Bookmark and Share


MajalahSoccer.blogspot.com - Dua gol Oribe Peralta membuyarkan ambisi Brasil untuk menggondol medali emas kali pertama setelah tim Samba menelan kekalahan 2-1 dari Meksiko di pertandingan final cabang sepakbola Olimpiade 2012 di Stadion Wembley, Sabtu (11/8) malam WIB.

Dengan demikian, Brasil harus menunggu empat tahun lagi untuk mendapatkan medali emas pertamanya di olimpiade. Kendati telah mencatat lima kali sebagai juara dunia, medali emas olimpiade merupakan satu-satunya yang belum pernah diterima Brasil sepanjang 60 tahun keikutsertaan mereka di ajang ini.


Di lain sisi, selain mendapatkan medali emas, Peralta juga menorehkan rekor 36 tahun lalu dengan mencetak gol tercepat. Peralta membuka keunggulan Meksiko ketika laga baru berjaklan 29 detik memanfaatkan kesalahan barisan belakang Brasil.

Brasil dan Meksiko tidak terlalu banyak melakukan perombakan starting line-up seperti di laga semi-final. Alex Sandro tetap menjadi pilihan utama pelatih Mano Menezes di lii tengah Brasil.

Setelah kebobolan gol cepat Peralta, Brasil berusaha bangkit untuk memberikan tekanan di pertahanan Meksiko. Namun perlahan-lahan Meksiko lebih sering menguasai bola, sehingga pertandingan berlangsung sengit.

Brasil baru mendapatkan peluang setelah laga berjalan 20 menit. Usai menerima umpan Damiao, Oscar masih berusaha mengelabui kiper Jose Corona. Namun penjaga gawang Meksiko ini masih bisa mengamankan bola.

Melihat serangan mereka selalu kandas di barisan belakang Meksiko, dan permainan Meksiko makin mengalami peningkatan, Menezes kemudian memasukkan Hulk, dan menarik keluar Alex Sandro yang dianggap tak efektif.

Permainan Brasil mengalami perubahan. Corona dipaksa melakukan penyelamatan dua kali berturut-turut. Setelah membendung peluang yang dimiliki Hulk, Corona juga menggagalkan upaya Damiao.

Tertinggal satu gol, agresivitas Brasil mengalami peningkatan di babak kedua. Ancaman bertubi-tubi diberikan Neymar, Hulk dan Damiao di area pertahanan Meksiko. Namun tim Samba tetap mengalami kesulitan menyamakan kedudukan.

Kendati jarang mendapatkan bola di babak kedua, Meksiko masih bisa memberikan ancaman ke pertahanan Brasil. Meksiko akhirnya menggandakan keunggulan pada menit ke-75. Peralta memperlihatkan aksi individunya mengelabui pemain belakang Brasil, dan selanjutnya melepaskan tendangan ke gawang lawan.

Di waktu tersisa, Brasil masih berupaya mengejar ketertinggalannya. Kebuntuan Brasil dalam mencetak gol baru terpecahkan menjelang pertandingan berakhir melalui Hulk. Skor 2-1 ini akhirnya menutup final sepakbola olimpiade.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar