PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN
STIKES YPIB MAJALENGKA
KARYA TULIS ILMIAH, SEPTEMBER 2010
SUSILAWATI
HUBUNGAN ANTARA PELAYANAN TENAGA KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DI POS KESEHATAN DESA KECAMATAN LIGUNG KABUPATEN MAJALENGKA
TAHUN 2010
xiii + 5 Bab + 52 Halaman + 10 Tabel + 2 Diagram + 10 Lampiran
ABSTRAK
Kualitas pelayanan tenaga kesehatan salah satunya pelayanan Pos Kesehatan Desa terukur dari tingkat kepuasan masyarakat. Di Pos Kesehatan Desa Kecamatan Ligung dari 19 Pos Kesehatan Desa didapatkan rata-rata kunjungan pelayanan KB (57,1%), pelayanan umum (28,6%), dan pelayanan ANC (14,3%).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pelayanan tenaga kesehatan dengan tingkat kepuasan masyarakat di Pos Kesehatan Desa Kecamatan Ligung Tahun 2010.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan angket terhadap sampel 96 responden yang diambil dengan teknik simple random samplin. Pengolahan data dengan uji chi square pada analisis univariat dan bivariat.
Hasil penelitian diperoleh pelayanan tenaga kesehatan (84,4%) dengan pelayanan yang baik, tingkat kepuasan masyarakat (66,7%) puas. Didapatkan ada hubungan antara pelayanan tenaga kesehatan dengan tingkat kepuasan masyarakat di Pos Kesehatan Desa Kecamatan Ligung tahun 2010 (ρ = 0,007).
Saran diajukan bagi Peneliti agar berperan aktif guna menambah ilmu dan pengetahuan secara praktek, bagi Petugas Pos Kesehatan Desa agar memberikan informasi dan pengetahuan kesehatan masyarakat, bagi Pendidikan agar memperbanyak literatur kepustakaan bagi mahasiswa, bagi Instansi Dinas Kesehatan agar mengambil kebijakan dengan melengkapi sarana dan prasarana medik Pos Kesehatan Desa terutama pada sasaran desa dengan jumlah sasaran anggota masyarakat yang cakup banyak.
Kata Kunci : Pelayanan Tenaga Kesehatan, Tingkat Kepuasan, Poskesdes
Kepustakaan : 20 Sumber (2002 – 2010)
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar