Hubungan karakteristik ibu dengan BBLR

Bookmark and Share

PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN  STIKes YPIB MAJALENGKA

KARYA TULIS ILMIAH, OKTOBER 2010

IDA FARIDAH

HUBUNGAN KARAKTERISTIK IBU BERSALIN DENGAN KEJADIAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS LIGUNG KABUPATEN MAJALENGKA TAHUN 2009

xiii + 53 halaman + 15 tabel + 1 diagram + 5 lampiran

ABSTRAK

Berat Badan Lahir Rendah merupakan risiko bayi baru lahir yang dapat menyebabkan kematian bayi pada perinatal. Kejadian Berat Badan Lahir Rendah salah satunya dipengaruhi faktor ibu meliputi umur, pendidikan dan pekerjaan. Wilayah kerja UPTD Puskesmas Ligung memiliki cakupan sasaran subjek pelayanan yang tinggi sebanyak 1.138 ibu bersalin dan dengan kasus kejadian Berat Badan Lahir Rendah sebesar 1,56%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik ibu bersalin dengan kejadian BBLR di wilayah kerja UPTD Puskesmas Ligung Kabupaten Majalengka tahun 2009.

Penelitian ini menggunakan metode analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi yang diambil sebanyak 1.118 ibu bersalin, dengan sampel 100 responden yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan uji chi square pada pengolahan analisis univariat dan bivariat.

Hasil penelitian diperoleh kejadian BBLR sebesar 13%, diantaranya pada umur ibu (32,0%) < 25 tahun dan >35 tahun, pendidikan (42,0%) pendidikan rendah, dan pekerjaan (59,0%) ibu tidak bekerja. Ditemukan ada hubungan antara Umur Ibu bersalin dengan Kejadian BBLR (ρ = 0,000), ada hubungan antara Pendidikan Ibu bersalin dengan Kejadian BBLR (ρ = 0,002), dan tidak ada hubungan antara pekerjaan Ibu bersalin dengan Kejadian BBLR (ρ = 0.616).

Saran diajukan bagi Institusi Pelayanan Kesehatan agar memberikan bimbingan dan konseling untuk menghindari kejadian BBLR, bagi Institusi Pendidikan agar menambah literatur kepustakaan mengenai BBLR, bagi Peneliti agar mengembangkan aplikasi kesehatan, bagi Peneliti Lain agar menjadi rujukan penelitian selanjutnya.

Kepustakaan : 22 Sumber (1989 – 2010)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar