sikap ibu terhadap poskesdes, tabulin dan dukungan keluarga

Bookmark and Share

PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN

STIKES YPIB MAJALENGKA

KARYA TULIS ILMIAH, SEPTEMBER 2010

RENI NURAENI

ABSTRAK

HUBUNGAN SIKAP IBU TERHADAP POSKESDES, TABULIN DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERTOLONGAN PERSALINAN DI DESA PAKUBEUREUM WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA TAHUN 2010

xvii + 5 bab + 60 halaman + 9 tabel + 2 diagram + 9 lampiran

Pemilihan penolong persalinan merupakan suatu perilaku yang mempengaruhi kesehatan individu, kelompok, atau masyarakat yang dapat dilakukan dengan meningkatkan kesadaran anggota keluarga melalui forum masyarakat desa tempat berkumpulnya masyarakat untuk mengkomunikasikan permasalahan dan mengupayakan pemecahannya sesuai dengan potensi yang ada di desa seperti dengan diadakannya poskesdes, tabulin, dasolin.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran cakupan pertolongan persalinan oleh nakes, sikap ibu terhadap poskesdes, tabulin dan dukungan keluarga serta mengetahui hubungan antara sikap ibu terhadap poskesdes, tabulin, dan dukungan keluarga dengan pertolongan persalinan oleh nakes di Desa Pakubeureum wilayah kerja UPTD Puskesmas Kertajati Kabupaten Majalengka tahun 2010.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif korelatif dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument kuesioner terhadap populasi ibu yang mempunyai anak 0 – 2 tahun dengan sampel sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan accidental sampling.

Hasil penelitian ini diperolehbahwa cakupan pertolongan persalinan oleh nakes (48%), sikap ibu terhadap poskesdes (89%) kategori baik, tabulin (71%) kategori baik, dukungan keluarga (79%) kategori baik. Ada hubungan antara sikap ibu terhadap poskesdes, tabulin, dan dukungan keluarga dengan pertolongan persalinan oleh nakes di Desa Pakubeureum wilayah kerja UPTD Puskesmas Kertajati Kabupaten Majalengka tahun 2010 dengan ρ value < 0,05.

Saran diajukan bagi puskesmas untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan terutama dalam melakukan pertolongan persalinan, bagi masyarakat/ibu agar lebih aktif melkukan pmeriksaan kesehatan dan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan profesional, dan bagi peneliti lain untuk mengembangkan penelitian pada indikator lainnya yang tidak diteliti pada penelitian ini. 

Sumber : 23 (2000-2010)

Search Google Tags: , ,

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar