hubungan prestasi dengan motivasi

Bookmark and Share

PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN

STIKES YPIB MAJALENGKA

KARYA TULIS ILMIAH, SEPTEMBER 2010

ANI SUTRIANI

NIM. B.07.068

 

HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TINGKAT I PROGRAM STUDI D III KEBIDANAN STIKes YPIB MAJALENGKA TAHUN AKADEMIK 2009/2010

xv + 5 Bab + 65 Halaman + 12 Tabel + 2 Diagram + 6 Lampiran

ABSTRAK

Pendidikan merupakan hal penting bagi manusia yang dapat diupayakan melalui pembelajaran. Pencapaian pembelajaran terukur dari prestasi belajar yang salah satunya dipengaruhi motivasi belajar. Di Prodi D III Kebidanan STIKes YPIB Majalengka tahun 2009/2010 didapatkan motivasi belajar mahasiswa tingkat II hanya mencapai 35,7% rendah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran prestasi belajar dan motivasi belajar serta hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa tingkat II Program Studi D III Kebidanan STIKes YPIB Majalengka tahun akademik 2009/2010.

Manfaat penelitian ini diantranya bagi institusi pendidikan sebagai bahan masukan penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar, bagi mahasiswa agar dapat mengatasi masalah kesulitan belajar, dan bagi peneliti agar mempunyai pengetahuan dan pengalaman baru selama melakukan penelitian.

Jenis penelitian ini adalah analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional terhadap populasi seluruh mahasiswa tingkat II 2008/2010 sebanyak 175 orang dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner motivasi belajar dan data indeks prestasi mahasiswa. Pengolahan data dilakukan dengan uji Chi Square melalui analisis univariat dan bivariat.

Hasil penelitian diperoleh gambaran prestasi belajar (50,3%) kategori tinggi, motivasi belajar mahasiswa (69,7%) kategori tinggi dan hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa (ρ value < 0,05).

Hasil penelitian ini disimpulkan terdapat hubungan yang bermakna antar motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa. Sehingga diajukan saran bagi institusi pendidikan agar menyelenggarakan kegiatan belajar lebih efektif dan efisien, bagi mahasiswa agar mengatasi masalah kesulitan belajar dengan meningkatkan motivasi belajar, dan bagi peneliti agar mengembangkan penelitian selanjutnya.

Kepustakaan : 39 Sumber (2000 – 2010)

Technorati Tags: ,,

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar