pemilihan penolong persalinan

Bookmark and Share

PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN

STIKES YPIB MAJALENGKA

KARYA TULIS ILMIAH, SEPTEMBER 2010

ITAH CARKASIH

ABSTRAK

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMILIHAN PENOLONG PERSALINAN DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS SUKAMULYA KABUPATEN MAJALENGKA TAHUN 2010

xiv + 5 bab + 59 halaman + 9 tabel + 2 diagram + 8 lampiran

Pemilihan penolong persalinan memegang peranan penting dalam upaya mencegah kematian maternal. Di UPTD Puskesmas Sukamulya tahun 2008 pemilihan penolong persalinan oleh tenaga kesehatan mencapai 79,36% dengan jumlah bidan 8 orang (1 bidan Puskesmas dan 7 bidan Desa) dan jumlah dukun bayi/paraji sebanyak 21 orang yang masih aktif menolong persalinan. Penelitian ini bertujuan untuk diketahuinya faktor-faktor yang berhubungan dengan pemilihan penolong persalinan di wilayah kerja UPTD Puskesmas Sukamulya Kabupaten Majalengka tahun 2010.

Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 154 ibu bersalin dengan sampel sebanyak 62 yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengolahan data menggunakan data primer yang dilakukan dengan uji chi square pada teknik analisis univariat dan bivariat.

Berdasarkan hasil uji statistik dengan uji Chi Square didapatkan bahwa tidak ada hubungan antara pendidikan dengan pemilihan penolong persalinan (ρ=0,700), tidak ada hubungan antara pekerjaan dengan pemilihan penolong persalinan (ρ=0,557), ada hubungan antara pendapatan dengan pemilihan penolong persalinan (ρ=0,010).

Saran yang diajukan bagi Institusi Pendidikan agar mengembangkan studi perbandingan untuk meningkatkan pemilihan penolong persalinan oleh tenaga kesehatan, bagi Puskesmas agar mengembangkan promosi pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan, dan bagi masyarakat agar aktif mengikuti program tabungan ibu bersalin dan dana bantuan sosial bersalin untuk memepersiapkan pembiayaan pertolongan persalinan yang aman oleh tenaga kesehatan.

Kata Kunci : Pemilihan Penolong Persalinan

Kepustakaan : 47 Sumber (2002 – 2009)

Search Google Tags: ,

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar