partisipasi kader posyandu

Bookmark and Share

PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN

STIKes YPIB MAJALENGKA

KARYA TULIS ILMIAH, SEPTEMBER 2010

NINDY HESTI ELYANI

B.07. 034

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PARTISIPASI KADER DALAM KEGIATAN POSYANDU DI WILAYAH KERJA

UPTD PUSKESMAS LEUWIMUNDING

TAHUN 2010

xiii + 5 Bab + 52 Halaman + 11 Tabel + 2 Diagram + 10 Lampiran.

ABSTRAK

UPTD Puskesmas Lewimunding adalah salah satu Puskesmas yang ada di Kabupaten Majalengka yang belum memenuhi target dalam cakupan D/S yaitu sebesar 62,00% dapat dikatakan bahwa partisipasi kader dalam kegiatan posyandu belum menunjukan hasil yang maksimal dengan jumlah kader 337 orang. Partisipasi kader dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya umur, pengetahuan dan sarana pendukung.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan partisipasi kader dalam kegiatan posyandu di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Leuwimunding Tahun 2010.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kader yang ada di UPTD Puskesmas Leuwimunding tahun 2010 sebanyak 337 kader dengan jumlah sampel 100 kader. Analisis yang digunakan univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi Square X2 dengan α = (0,05).

Hasil penelitian menunjukkan gambaran kurang dari setengahnya 36.0% kader tidak berpartisipasi, Gambaran faktor-faktor yang berhubungan dengan partisipasi kader lebih dari setengahnya 51.0% berumur muda, kurang dari setengahnya sebesar 48.0% berpengetahuan rendah, sebagian kecil sebesar 19.0% dengan sarana pendukung tidak lengkap. Didapatkan ada hubungan antara umur kader dengan partisipasi kader (ρ=0.000), ada hubungan antara pengetahuan kader dengan partisipasi kader (ρ=0.016), tidak ada hubungan antara sarana pendukung posyandu dengan partisipasi kader (ρ=0.0214).

Saran diajukan bagi kader agar meningkatkan kegiatan posyandu di lingkungannya dengan berpartisipasi aktif pada kegiatan bulanan, meningkatkan keterampilan pengelolaan posyandu dengan mengikuti berbagai pelatihan kaderisasi yang diadakan tenaga kesehatan.

Kepustakaan : 23 Sumber (1998– 2006)

Search Google Tags:

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar