Menu Utama Visual Basic 6.0

Bookmark and Share

Menu Utama Visual Basic 6.0
Menu Utama Visual Basic 6.0, VB 6.0 pada dasarnya adalah bahasa yang mudah dimengerti sehinggaPemrograman di dalam Bahasa Visual Basic 6.0 dapat dengan mudah dilakukan. Hal ini lebih mudah lagi setelah hadirnya Microsoft Visual Basic yang dibangun dari IDE(Integrated Development Environment) untuk membuat bahasa yang sederhana dan mudah dalam pembuatan scriptnya (Simple Scripting Language) untuk grapich user interface dalam bentuk Formsedangkan untuk codingnya menggunakan dialek bahasa basic yang dikembangkan dalam sistem operasi Microsoft Windows.

Baca Juga 

Penggunaan If then Else dalam visual basic


Microsoft Visual Basic 6.0  adalah bahasa pemrograman berbasis Windows yang merupakanObject Oriented Programming (OOP), yaitu pemrograman berorientasi objek, Visual Basic menyediakan objek-objek yang sangat kuat, berguna dan sangat mudah dalam penggunaannya. Pemakaian Visual Basic ditandai dengan kemampuan Visual Basic untuk dapat berinteraksi dengan aplikasi lain di dalam sistem operasi windows dengan komponen ActiveX Control. Dengan komponen ini memungkinkan pengguna untuk memanggil dan menggunakan semua model data yang ada di dalam sistem operasi windows.

 Hal ini juga ditunjang dengan teknik pemrograman di dalam Visual Basic yang mengadopsi dua macam jenis pemrograman yaitu Permrograman Visual dan Object Oriented Programming (OOP). Dalam penggunaan User-interface tidak akan menyadari bahwa di belakangnya berjalan instruksi-instuksi program yang mendukung tampilan dan proses yang dilakukan. Pada pemrograman Visual, pengembangan aplikasi dimulai dengan pembentukan user interface.kemudian mengatur properti dari objek-objek yang digunakan dalam user interface, dan baru dilakukan penulis kode program untuk menangani kejadian-kejadian (event). Tanpa pengembangan aplikasi demikian

Memilih jenis Project.

Sesaat setelah aktif di IDE Visual Basic, maka anda akan dihadapkan kepada suatu pilihan terhadap jenis Project yang ingin anda buat sebagaimana yang ditunjukan oleh Gambar 1.2. Sebagai langkah awal dari proses belajar adalah memilih Project Standard EXE

Jendela IDE
Menu Utama Visual Basic 6.0IDE Visual Basic 6.0 menggunakan model MDI (Multiple Document Interaface). Berikut ini adalah gambar yang menunjukan bagian-bagian dan nama-nama jendela yang dapat tampil pada IDE Visual Basic. Mungkin pada IDE anda hanya ditampilkan sebagian jendela dibandingkan dengan Gambar 1.3 anda tidak perlu terkejut, karena penampilan dari jendela-jendela tersebut dapat diatur dengan perintah pada menu View. Sebagai langkah awal dari proses belajar, tidak semua jendela akan kita gunakan, tetapi hanya beberapa yang penting, sedangkan yang lainnya besifat khusus. 


Sebagaimana dengan proses belajar ini, kita akan fokus pada beberapa jendela yang penting terlebih dahulu sehingga konsentrasi tidak menjadi pecah, dan peserta belajar menjadi bingung. Adapun jendela-jendela yang perlu anda perhatikan adalah sebagai berikut :
Menu Utama Visual Basic 6.0
  • Menu Bar.
Digunakan untuk memilih tugas-tugas tertentu seperti menyimpan project, membuka project, dll.
  • Main Toolbar.
Digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu dengan cepat atau dengan menubar View kemudian pilih Toolbar
  • Jendela Project.
Jendela ini berisi gambaran dari semua model yang terdapat dalam aplikasi anda. Anda dapat menggunakan icon Toggle Folder untuk menampilkan model model dalam jendela tersebut secara di group atau berurut berdasarkan nama. Anda dapat menggunakan Ctrl+R untuk menampilkan jendela project, ataupun mengunakan icon Project Explorer.
  • Jendela Form Designer.
Jendela ini merupakan tempat anda untuk merancang user interface dari aplikasi anda. Jadi jendela ini menyerupai kanvas bagi seorang pelukis. Cara Membuka View kemudian Form Layout Windows
  • Jendela Toolbox.
Jendela ini berisi komponen-komponen yang dapat anda gunakan untuk mengembangkan user interface. Membuka View kemudian pilih Toolbox atau klik pada menu toolbar
  • Jendela Code.
Merupakan tempat bagi anda untuk menulis koding. Anda dapat menampilkan jendela ini dengan menggunakan komboinasi Shift-F7.
  • Jendela Properties.
Merupakan daftar properti-properti object yang sedang terpilih. Sebagai contohnya anda dapat mengubah warna tulisan(foreground). Anda dapat menggunakan F4 untuk menampilkan jendela properti atau dari menubar View kemudian pilih Property Windows.
  • Jendela Color Palette.
Adalah fasilitas cepat untuk mengubah warna suatu object. Untuk menampilkannya melalui View pada Menubar lalu pilih Color Pallete
  • Jendela Form Layout.
Akan menunjukan bagaimana form bersangkutan ditampilkan ketika runtime. Object Oriented Programming (OOP) pada Microsoft Visual Basic Ada beberapa istilah dan komponen dalam Visual Basic yang digunakan untuk membuat program aplikasi. Komponen–komponen yang akan dibahas ini hanya dasar-dasarnya saja agar dalam pembahasan selanjutnya anda sudah beradaptasi dan memahami penggunaan istilah dan komponen tersebut. 

1. Project.
Project adalah sekumpulan modul atau program aplikasi itu sendiri, project disimpan dalam file berextension .VBP biasanya berisi form-form. 
Menu Utama Visual Basic 6.0
2. Ada tiga icon dalam Project Properties :
    a. View Code: tampilkan jendala editor program
    b. View Object: tampilkan bentuk formulir
    c. Toggle Folders : Tampilkan folder tempat penyimpanan file

Form 
Menu Utama Visual Basic 6.0Form adalah objek yang dipakai untuk tempat bekerja program apalikasi, 

didalamnya tempat diletakan objek-objek lainnya, didalam form ada grid (garis titik-titik yang berguna untuk pengaturan letak). Form disimpan dalam file berextension .FRM


  • Toolbox.
Toolbox kotak alat berisi icon-icon atau komponen untuk memasukan objek tertentu kedalam form.
  • Jendela Toolbox
Merupakan jendela yang sangat penting bagi anda. Dari toolbox ini anda dapat mengambil komponen-komponen (object) yang akan ditanamkan pada form untuk membentuk user interface.Adapun secara garis besar fungsi dari masing-masing intrinsic kontrol tersebut adalah sebagai berikut :
  • Pointer.
Bukan merupakan suatu kontrol, gunakan icon ini ketika anda ingin memilih kontrol yang sudah berada pada form
  • PictureBox.
Adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan image dengan format: BMP, DIB (bitmap), ICO (icon), CUR (Cursor WMF (metafile), ENF (enhanced metafile), GIF dan JPEG.
  • Label.
Adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan teks yangtidak dapat diperbaiki oleh pemakai.
  • ToolBox.
Adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh pemakai, dapat berupa satu baris tunggal atau banyak baris.
  • Frame.
Adalah kontrol yang digunakan sebagai container bagi kontrol lainnya.
  • Command Button.
Merupakan kontrol hampir ditemukan pada setiap form, dan digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu ketika pemakai melakukan klik padanya.
  • CheckBox.
Digunakan untuk pilihan yang isinya bernilai Yes/No atau True/False.
  • OptionButto.
Sering digunakan lebih dari satu sebagai pilihan terhadap beberapa option yang hanya dapat dipilih satu.
  • ListBox.
Mengandung sejumlah item, dan user dapat memilih lebih dari satu (bergantung pada property MultiSelect).
  • ComboBox.
Merupakan kombinasi dari TextBox dan suatu ListBox dimana pemasukan data dapat dilakukan dengan pengetikan maupun pemilihan.
  • HscrollBox dan VscrollBox.
Digunakan untuk membentuk scrollbar berdiri sendiri.
  • Timer.
Digunakan unntuk proses backgound yang diaktifkan berdasarkan interval waktu tertentu dan merupakan kontrol non visual.
  • DriveListBoxDirListBox , FileListBox
Sering digunakan untuk membentuk dialog box yang berkaitan dengan file.
  • Shape dan Line 
Digunakan untuk menampilkan bentuk garis,persegi, bulatan dan Oval.
  • Image.
Berfungsi menyerupai Imagebox, tetapi tidak dapatdigunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya. Suatu yang perlu diketahui bahwa kontrol image menggunakan resource yang lebih kecil dibandingakan dengan PictureBox
  • Data
Digunakan untuk data binding.
  • OLE.
Menu Utama Visual Basic 6.0

Dapat digunakan sebagai tempat bagi program eksternal seperti Microsoft Excel, Word dan lain-lain. Sebenarnya masih banyak komponen-komponen yang lain yang tidak dibahas disini, karena komponen vb begitu komplek. Tapi kita bisa menambahkan komponen lainnya dengan cara memilih pada menu Project lalu pilih Components atau CTRL+T. Properties adalah untuk menentukan setting suatu object, menentukan cara kerja dari objek saat proram dijalankan misalnya warna, huruf dan lain-lain. 

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar