Nilai Estetik Keindahan dengan Manusia

Bookmark and Share
nilai yang terkait dengan setetika/keindahan 
keindahan datang dari kata indah, berarti bagus, permai, cantik, elok, molek dan seterusnya. benda yang memiliki karakter indah adalah semua hasil seni, ( walau tidak seluruh hasil seni indah, pemandangari alam ( pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga di lereng gunung ), manusia ( muka, mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh ), tempat tinggal ( halaman, perabot tempat tinggal tangga dan seterusnya ), nada, warna dan seterusnya. keindahan yaitu sama dengan kebenaran. 

menurut the liang gie didalam bukunya “garis besar estetik” ( filsafat keindahan ) didalam bhs inggris keindahan itu diterjemahkan dengan kata “beautiful”, perancis “beau”, italia serta spanyol “bello”, kalimat itu datang dari bhs latin “bellum”. akar tuturnya yaitu ”bonum” yang bermakna kebaikan lantas memiliki wujud pengecilan menjadi’ ”bonellum” serta paling akhir dipendekkan hingga ditulis “bellum”. 
tak hanya itu menurut luasnya dibedakan pengertian : 

1. keindahan didalam makna luas. 
setelah itu the liang gie menjelaskan. bahwa keindahan didalam makna luas memiliki kandungan pengertian inspirasi kebaikan. contohnya plato menyebut watak yang indah serta hukum yang indah, namun aristoteles merumuskan keindahan sebagai suatu hal yang baik serta juga mengasyikkan. 
. lantas pengertian yang seluas-iuasnya meliputi : 
• keindahan seni 
• keindahan alam 
• keindahan moral 
• keindahan intelektual. 

2. keindahan didalam makna estetik murni. 
keindahan didalam makna estetik murni menyangkut pengalaman estetik seorang didalam hubungannya dengan semua suatu hal yang diserapnya. 

3. keindahan didalam makna terbatas didalam hubungannya dengan penglihatan. 
keindahan didalam makna yang terbatas, memiliki makna yang lebih disempitkan hingga cuma menyangkut benda-benda yang bisa diserap dengan penglihatan, yaitu berbentuk keindahan wujud serta warna. keindahan tersusun dari beragam keselarasan serta kebalikan dari garis, warna, wujud, suara, serta kalimat. ada juga yang berpendapat bahwa keindahan yaitu satu himpunan hubungan-hubungan yang sesuai didalam satu benda serta diantara benda itu dengan si pengarnat. 


b. nilai estetik 
dalam rencana teori umum perihal nilai the liang gie menjelaskan bahwa, pengertian keindahan dikira sebagai di antara type nilai layaknya halnya nilai moral, nilai ekonomi, nilai pendidikan, dan seterusnya. nilai yang terkait dengan semua suatu hal yang tercakup didalam pengertian keindahan dimaksud nilai estetik. didalam ”dictionary of sociology and related science” diberikan rumusan perihal nilai seperti berikut : 
‘”the believed capacity of any obyek to saticgy a human desire. the quality of any obyek which causes it be of interest to an individual or a group” ( kekuatan yang dikira ada pada satu benda yang bisa memuaskan hasrat manusia. karakter dari satu benda yang menarik ketertarikan seseorang atau satu grup ). 

perihal itu bermakna, bahwa nilai yaitu hanya yaitu realita psikologi yang perlu dibedakan dengan tegas dari manfaat, dikarenakan ada didalam jiwa manusia serta bukan hanya pada sebaiknya itu sendiri. nilai itu ( oleh orang ) dikira ada pada satu benda hingga dapat dibuktikan letak kebenarannya. 
nilai itu ada yang membedakan pada nilaisub yektif serta obyektif, namun penggolongan yang mutlak adalah : 

- nilai ekstrinsik 
nilai ekstrinsik yaitu karakter baik dari satu benda sebagai alat atau fasilitas untuk suatu hal perihal yang lain, yaitu nilai yang berbentuk sebagai alat atau menolong perumpamaannya puisi, wujud puisi yang terdiri dari bhs, diksi, baris, sajak, irama, itu dimaksud nilai ekstrinsik 
- nilai intrinsik 
nilai intrinsik yaitu karakter baik dari benda yang berkaitan, atau sebagai satu tujuan, maupun untuk keperluan benda itu sendiri. perumpamaannya : pesan puisi yang pingin disampaikan pada pembaca melewati ( alat benda ) puisi itu dimaksud nilai intrinsik.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar