Imbangi Schalke, Athletic Bilbao Ke Semi-Final Liga Europa

Bookmark and Share

Athletic Bilbao v FC Schalke 04 - UEFA Europa League, Markel Susaeta; Jose Manuel Jurado

Majalah Soccer - Athletic Bilbao memastikan diri melangkah ke babak semi-final Liga Europa usai menyingkirkan wakil Jerman Schalke 04 dengan agregat 6-4. Itu setelah klub asuhan Marcelo Bielsa menahan Schalke dengan skor akhir 2-2 di Estadio San Mames.

Schalke membutuhkan dua gol atau lebih untuk bisa melangkah ke babak semi-final Liga Europa, setelah ditaklukkan 4-2 oleh klub Spanyol di leg pertama, pekan lalu.
Tak ayal, skuad asuhan Huub Stevens pun berinisiatif menyerang sejak laga digulirkan. Peluang emas pertama Schalke datang melalui tendangan voli Klaas-Jan Huntelaar. Beruntung, kiper Gorka Iraizoz masih mampu menyelamatkan gawangnya berkat kesigapannya menepis bola.

Tim tuan rumah sendiri bukannya diam saja menerima serangan klub Jerman. Permainan cantik armada Los Leones beberapa kali mengancam gawang Lars Unnerstall, meski belum ada yang menemui sasaran.
Athletic sempat mengajukan klaim penalti ketika bola tendangan Jon Aurtenetxe, yang menyambut sepak pojok, terlihat mengenai lengan Joel Matip. Namun, wasit memutuskan melanjutkan pertandingan.
Huntelaar akhirnya mengakhiri kebuntuan Schalke, sekaligus membuka asa skuad Jerman melangkah ke babak selanjutnya, berkat golnya di menit 29. Gelandang Jermaine Jones berhasil merebut bola di tengah lapangan sebelum menyodorkannya kepada Huntelaar. Tendangan mantan striker Real Madrid dari jarak 20 yard pun tidak bisa dihalau Iraizoz.

Namun, tiga menit menjelang babak pertama berakhir, Athletic berhasil menyamakan kedudukan sekaligus menambah agregat menjadi 5-3. Pemain cadangan Ibai Gomez mencetak gol pertamanya di Liga Europa setelah gol cantiknya dari luar kotak penalti bersarang di ujung gawang Unnerstall.

Meskipun belum berhasil menyamakan agregat, Schalke pantang menyerah. Di babak kedua, peluang mereka kembali terbuka lebar setelah Raul Gonzalez membawa tim tamu unggul 2-1. Bomber veteran Spanyol meneruskan umpan Chinedu Obasi dan melepaskan tendangan dari jarak 20 yard ke gawang Iraizoz. Agregat pun berubah menjadi 5-4.

Sayang, hanya berselang tiga menit, Athletic kembali menjauhkan diri dari kejaran Schalke lewat gol balasan Markel Susaeta. Menyambut umpan terobosan Iker Munain, tendangan Susaeta tidak dapat dibendung Unnerstall.

Susaeta sempat terjatuh usai mencetak gol kedua Athletic. Namun, beruntung dia masih bisa meneruskan pertandingan.

Schalke kembali mendapat peluang menambah gol di menit 77. Jefferson Farfan melepaskan tendangan bebas yang cukup berbahaya dan mengarah tepat kepada Huntelaar, yang sudah menunggu di depan gawang. Sayang, Huntelaar tidak bisa mengendalikan arah sundulannya.

Alhasil, agregat 6-4 tidak berubah hingga laga berakhir dan sukses membawa Athletic ke babak semi-final.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar